Bintang kembar ditakdirkan ditemukan di jantung nebula ini

Di pusat nebula misterius, astronom telah menemukan dua bintang terkunci sedemikian orbit ketat bahwa mereka akhirnya akan menggabungkan dan meledak.

Kedua bintang katai putih adalah – terberat seperti pasangan yang pernah ditemukan.

Untuk menyalakan kembali dan meledak menjadi supernova, kerdil putih harus mendapatkan massa, baik dengan meraih materi dari bintang pasangannya, atau dengan menggabungkan dengan itu (jika pasangan juga white dwarf).

_80887364_eso1505a

Ini adalah contoh pertama yang tercatat dari sistem menuju semacam merger.

Kehadiran dua bintang juga menjelaskan bentuk aneh nebula sekitarnya, yang disebut Henize 2-428 – awan gas dilemparkan ke angkasa saat bintang-bintang pertama meninggal dan menjadi katai putih.

alat bantu sex

Penemuan, yang dilaporkan dalam jurnal Nature , dibuat dengan menggunakan Very Large Telescope di Chile tinggi di Gurun Atacama, bersama dengan teleskop di Kepulauan Canary dan Afrika Selatan.

Dr Henri Boffin, salah satu penulis makalah ini, adalah seorang astronom yang bekerja untuk European Southern Observatory (ESO) yang mengoperasikan fasilitas di Chile. Dia mengatakan: “Ketika kita melihat bintang pusat objek ini dengan ESO Very Large Telescope, kami menemukan bukan hanya satu tapi sepasang bintang di jantung anehnya miring, bersinar awan ini.”

Itu adalah tujuan awal penelitian: untuk menjelaskan mencolok, bentuk tidak teratur dibentuk oleh apa yang disebut “nebula planet”.

http://www.bbc.co.uk/news/science-environment-31310355

Planetary nebula Henize 2-428
Bentuk aneh nebula dapat dijelaskan oleh “double-merosot” sepasang bintang pada intinya
Istilah ini adalah keliru yang tanggal kembali ke abad ke-18, ketika astronom William Herschel mengira bentuk melengkung mereka bagi planet.

Bahkan, nebula ini cerah, awan gas berenergi dibuat ketika bintang raksasa merah mati dan berevolusi menjadi kerdil putih.

Terlalu berat, terlalu dekat
Menggunakan pengamatan ekstra Henize 2-428 dari teleskop lain, Dr Boffin dan rekan-rekannya mendirikan massa dan pemisahan dua bintang mereka telah menemukan – dan menyadari bahwa mereka sedang melihat sesuatu yang sama sekali unik.

Setiap katai putih hampir seberat matahari kita sendiri dan mereka mengorbit satu sama lain dalam 4,2 jam. Ini berarti bahwa mereka ditakdirkan, berdasarkan relativitas umum Einstein, spiral lebih dekat bersama-sama, kehilangan energi gelombang gravitasi, dan akhirnya menggabungkan menjadi bintang tunggal – dengan massa hampir 1,8 kali dari Matahari

Massa yang signifikan karena lebih besar dari “batas Chandrasekhar”, batas dinamai astrofisikawan Nobel pemenang Subrahmanyan Chandrasekhar. Setiap kerdil putih lebih berat dari batas ini (sekitar 1,4 kali massa matahari) tidak akan hanya melanjutkan cooling down. Sebaliknya, karbon pada intinya dikompresi sehingga fusi nuklir kick-mulai lagi – akhirnya menyebabkan kerdil untuk meledak menjadi supernova.

Very Large Telescope
Para astronom menyorot nebula menggunakan Very Large Telescope di Chile
Para penulis studi baru menyatakan bahwa supernova ini, diharapkan 700 juta tahun, akan menjadi “ketik Ia”. Ini berarti reaksi fusi nuklir pelarian, seperti bom hidrogen luas tapi didorong oleh karbon, yang pada akhirnya pukulan bintang untuk bit.

“Sampai saat ini, pembentukan supernova Tipe Ia dengan penggabungan dua bintang katai putih murni teoritis,” kata Dr David Jones, seorang peneliti di ESO dan lain penulis laporan. “Pasangan bintang di Henize 2-428 adalah hal yang nyata!”

Bahkan pada jarak sekitar 4.000 tahun cahaya, jenis supernova akan cukup terang untuk dilihat dari Bumi di siang hari bolong.

Namun Dr Philipp Podsiadlowski, astrofisikawan di University of Oxford, mengatakan temuan baru tidak bisa mengesampingkan kemungkinan lain: a “inti-runtuh” ​​supernova yang, setelah ledakan singkat, meninggalkan bintang neutron padat.

“Ada perdebatan besar terjadi di masyarakat – apakah penggabungan dua bintang katai putih besar menghasilkan tipe Ia atau supernova inti-runtuh,” kata Dr Podsiadlowski BBC News.

“Keduanya menarik!”

Meskipun demikian, ia menambahkan, hasilnya langkah maju yang penting.

“Apa yang dilakukannya kepada kita adalah bahwa binari kerdil putih besar benar-benar ada -. Meskipun mereka prediksi teoritis, yang benar-benar belum dikonfirmasi”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s