Bintang mati ‘dapat memicu kembali dan meledak

Para astronom telah menunjukkan bahwa bintang mati yang dikenal sebagai katai putih dapat memicu kembali dan meledak sebagai supernova.

Penemuan ini muncul untuk memecahkan misteri seputar sifat kategori tertentu dari ledakan bintang yang dikenal sebagai supernova Tipe Ia.

Teoretisi menduga bahwa bintang kerdil putih bisa meledak karena interaksi mengganggu dengan bintang pendamping, tetapi tidak memiliki bukti yang pasti sampai sekarang.

_77219596_77219595

Rincian penelitian muncul di jurnal Nature .

“Pistol merokok” dalam hal ini adalah deteksi inti radioaktif yang dihasilkan oleh fusi nuklir dalam ledakan kosmik.

obat kuat

Para astronom telah lama memiliki alat untuk mendeteksi tanda tangan fusi ini, tetapi harus menunggu supernova meledak di dekatnya untuk memulai pengamatan mereka.

Menjelang akhir hidupnya, bintang dengan massa Matahari akan menumpahkan lapisan luarnya sebagai intinya menyusut turun menjadi kerdil putih. Kiri ke perangkat mereka sendiri, katai putih tunggal hanya akan mendinginkan perlahan dari waktu ke waktu.

http://www.bbc.co.uk/news/science-environment-28967741

Tapi ada massa maksimum di mana kerdil putih dapat tetap stabil – properti yang dikenal sebagai batas Chandrasekhar, setelah India-Amerika astrofisikawan Subrahmanyan Chandrasekhar.

Jika kerdil putih mencuri materi dari bintang pendamping, atau bertabrakan dengan kerdil putih lain, berat ekstra dapat memampatkan karbon dalam inti bintang hingga elemen ini mengalami fusi nuklir.

Karbon yang menyatu menjadi unsur yang lebih berat dengan rilis tiba-tiba energi yang air mata bintang terpisah.

Meskipun supernova Tipe Ia diharapkan sering terjadi di alam semesta, mereka adalah kejadian langka di salah satu galaksi, dengan tingkat khas satu setiap beberapa ratus tahun.

SN2014J
Supernova Tipe Ia adalah kejadian yang relatif langka di salah satu galaksi
Namun kesempatan untuk mengamati salah satu dari peristiwa ini datang pada tanggal 21 Januari 2014, ketika mahasiswa mengajar observatorium University College London di Mill Hill di Inggris mendeteksi supernova tipe Ia, kemudian dinamai SN2014J, di galaksi terdekat M82.

Teoretisi mengusulkan bahwa karbon dan oksigen yang ditemukan dalam kerdil putih harus menyatu menjadi nikel radioaktif selama supernova.

Nikel ini kemudian harus cepat membusuk menjadi kobalt radioaktif, yang akan sendiri kemudian membusuk, pada skala waktu yang agak lama, menjadi besi stabil. Supernova Tipe Ia yang meledak lama adalah sumber kosmik besi di Matahari, Bumi dan dalam darah kita.

Rantai peluruhan ini menghasilkan-sinar gamma yang menimbulkan emisi terang dari lokasi supernova.

Eugene Churazov dan rekannya mempelajari data yang sinar gamma yang dikumpulkan oleh pesawat ruang angkasa Integral Badan Antariksa Eropa antara 50 dan 100 hari setelah ledakan.

Pada saat ini, Dr Churazov menjelaskan, “katai putih telah diperluas untuk ukuran yang lebih besar dari tata surya kita”.

Dia mengatakan kepada BBC News: “Amplop letusan (debris) semi-transparan, sehingga tidak peduli di mana sinar gamma-diproduksi, mereka dapat melarikan diri melalui ejecta dengan probabilitas pada urutan 60-70%.”

Mereka mencari – dan menemukan – tanda tangan kobalt pembusukan dalam profil emisi sinar gamma dari supernova. Selain itu, jumlah diamati emisi sinar gamma juga merupakan pertandingan yang sangat baik untuk model teoritis ledakan kerdil putih.

Namun, para peneliti tidak dapat membedakan antara dua skenario teoritis untuk awal dari sebuah supernova kerdil putih.

Dr Churazov menjelaskan: “Ini benar-benar konsisten dengan skenario yang paling sederhana, sebuah kerdil putih tunggal dengan massa mendekati batas Chandrasekhar Tapi kita tidak bisa mengecualikan dengan data ini bahwa acara ini disebabkan oleh merger [dari dua bintang katai putih].. “

Dalam sepotong sudut pandang dalam edisi yang sama Alam, Robert P Kirshner, dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Massachusetts, menulis: “Upsetting kebijaksanaan konvensional selalu sukacita dalam ilmu Anda bisa mendapatkan hadiah untuk itu..”

Namun, ia menjelaskan, “ada juga kesenangan yang mendalam dalam menunjukkan bukti yang menentukan pada ide fisik yang telah digunakan tanpa bukti selama beberapa dekade,” menambahkan: “. Ini adalah hasil yang indah”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s